Oaktree Blog

Apa Itu Beneficiary? Pengertian dan Penjelasannya

apa itu beneficiary

Apa Itu Beneficiary?

Apa itu Beneficiary? beneficiary adalah orang yang berhak menerima manfaat dari suatu transaksi. Hal ini mungkin meliputi uang, asuransi, properti, harta benda, atau keuntungan lain yang diatur dalam perjanjian atau kontrak. Beneficiary dapat ditunjuk dalam sebuah perjanjian, atau ditentukan secara default oleh hukum.

Baca Juga : Pemberitahuan Ekspor Barang : Pengertian & Penjelasan

Contoh Beneficiary

Contoh dari beneficiary dapat ditemukan dalam berbagai jenis transaksi. Salah satu contoh yang paling umum adalah beneficiary dari asuransi. Pemegang polis menunjuk seorang atau sebuah organisasi, seperti anak atau pasangan, sebagai penerima manfaat dari polis asuransi. Jika pemegang polis meninggal, penerima manfaat akan menerima jumlah tertentu dari asuransi yang dipilih.

Baca juga  Kubikasi Kontainer: Pengertian dan Penjelasannya

Contoh lain dari beneficiary adalah penerima hibah. Ketika seseorang meninggalkan harta benda atau uang dalam bentuk hibah, orang yang mengambil manfaat dari hibah disebut beneficiary. Sebagai contoh, jika seseorang menyumbangkan sejumlah uang kepada sebuah organisasi, organisasi tersebut adalah beneficiary.

Manfaat dari Menunjuk Beneficiary

Mengidentifikasi seorang beneficiary dalam sebuah transaksi dapat membantu memastikan bahwa uang atau properti yang dipertaruhkan diterima oleh orang yang benar. Hal ini juga membantu menghindari masalah pengurusan harta benda yang biasanya terjadi ketika seseorang meninggal tanpa menyebutkan siapa yang akan menerima properti atau harta benda yang dimilikinya.

Baca juga  Tentang Pelabuhan Bali dan Informasi Menarik Yang Ada

Mengidentifikasi beneficiary juga dapat memastikan bahwa manfaat yang diinginkan tercapai. Sebagai contoh, jika seseorang menunjuk anaknya sebagai beneficiary dari asuransi, itu akan memastikan bahwa anaknya menerima manfaat dari asuransi jika pemegang polis meninggal.

Menunjuk seorang beneficiary juga dapat membantu menghindari masalah yang berhubungan dengan pajak. Sebagai contoh, menunjuk seorang beneficiary untuk asuransi dapat membantu memastikan bahwa pajak yang harus dibayar lebih rendah.

Baca juga  WMS Software Indonesia: Solusi untuk Manajemen Gudang

Baca Juga : Peluang Usaha Logistik Di Masa Kini, Simak Ulasannya

Kesimpulan

Beneficiary adalah orang yang berhak menerima manfaat dari suatu transaksi. Beneficiary dapat ditunjuk dalam sebuah perjanjian, atau ditentukan secara default oleh hukum. Beneficiary dapat ditemukan dalam berbagai jenis transaksi, termasuk asuransi, hibah, dan properti.

Menunjuk seorang beneficiary dapat membantu memastikan bahwa uang atau properti yang dipertaruhkan diterima oleh orang yang benar, dan dapat juga membantu menghindari masalah pengurusan harta benda yang biasanya terjadi ketika seseorang meninggal.

Jadi itu adalah penjelasan tentang apa itu beneficiary. Semoga dapat dipahami ya.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top