Oaktree Blog

Pemberitahuan Ekspor Barang : Pengertian & Penjelasan

pemberitahuan ekspor barang

Pengertian Pemberitahuan Ekspor Barang

Pemberitahuan ekspor barang adalah dokumen yang digunakan untuk mengirimkan barang ke luar negeri. Dokumen ini penting untuk memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan hukum dan peraturan perdagangan internasional. Ini juga memungkinkan pemerintah untuk mengumpulkan data dan informasi tentang perdagangan internasional.

Dokumen Pemberitahuan harus disediakan oleh pengirim barang. Ini dapat berupa kertas atau formulir online. Formulir online biasanya disediakan oleh pemerintah atau agen luar negeri. Formulir ini harus diisi dengan data berikut:

• Keterangan pengirim barang, termasuk nama, alamat, dan rincian kontak.

Baca juga  POL Artinya adalah Port Of Loading yaitu Pelabuhan Muat

• Keterangan penerima barang, termasuk nama, alamat, dan rincian kontak.

• Deskripsi barang yang dikirim, termasuk jumlah, berat, dan dimensi.

• Nilai barang, termasuk harga jual dan harga beli.

• Informasi tentang pengiriman, termasuk tipe transportasi dan jadwal.

Selain informasi di atas, pemberitahuan dokumen juga harus menyertakan informasi tambahan, seperti nomor asuransi dan dokumen tambahan yang dapat diminta oleh pemerintah, seperti lisensi ekspor, surat jaminan, dan lain-lain.

Pemberitahuan ekspor barang juga harus disertai dengan dokumen pendukung lainnya, seperti faktur, laporan keuangan, dan laporan ekspor. Ini penting untuk memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan hukum dan peraturan perdagangan internasional.

Baca juga  TMS Forwarder : Manfaat Teknologi TMS di Industri Forwarding

Setelah dokumen ini diserahkan ke pemerintah, pengirim barang harus menunggu konfirmasi dari pemerintah sebelum barang dikirim. Setelah barang tiba di tujuan, pengirim harus menyelesaikan prosedur ekspor yang berlaku di negara tujuan.

Pemberitahuan ekspor barang adalah bagian penting dari proses ekspor. Ini memastikan bahwa barang yang dikirim sesuai dengan hukum dan peraturan perdagangan internasional. Selain itu, dokumen ini juga memungkinkan pemerintah untuk mengumpulkan data dan informasi tentang perdagangan internasional.

Baca Juga : Peluang Usaha Logistik Di Masa Kini, Simak Ulasannya

Bagaimana Pemberitahuan Ekspor Barang Menjadi Efektif Untuk Perusahaan?

Ada cara yang bisa membuat sebuah pemberitahuan ekspor barang menjadi efektif dan efisien.

Baca juga  Non COD Artinya? Pengertian dan Bedanya dengan COD

Bagaimana caranya?

Caranya adalah dengan menggunakan software freight forwarding.Di masa kini untuk Anda yang ingin bisa bersaing dalam bisnis freight forwarding diperlukannya lah sebuah manajemen software yang dapat mengelola ini semua.

Di Indonesia sendiri memang belumlah banyak, cuma untuk saat ini yang bisa menghandle segala kebutuhan adalah oaktree.id, Oaktree sendiri adalah freight forwarding management software yang menghandle kebutuhan logistik dari sisi Air Freight, Trucking Freight, Ocean Freight, dan Rail Freight.

Segala yang berkaitan dengan lapangan bisa di tracking dengan mudah oleh oaktree. Tidak hanya itu segala yang berkaitan dengan marketing dan accounting juga terselesaikan dengan baik oleh oaktree, Cari informasi lebih lanjut tentang oaktree, sekarang.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top