Oaktree Blog

Administrasi Gudang adalah: Pengertian, Gaji dan Tugasnya

Administrasi Gudang adalah Pengertian, Gaji dan Tugasnya

Tugas seorang administrasi gudang memegang peranan yang sangat penting dalam divisi logistik sebuah perusahaan dagang atau manufaktur. Setidaknya ada 1 orang administrasi gudang di bagian logistik.

Peran seorang admin gudang sangat penting dalam administrasian gudang. Soalnya, manajemen yang buruk bisa menimbulkan keluhan pelanggan dan berujung kerugian bagi perusahaan.

Sebelum mempelajari cara bekerja sebagai admin gudang, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami terlebih dahulu mengenai posisi tersebut.

Seorang admin gudang merupakan pekerjaan yang memegang peranan penting di setiap perusahaan perdagangan dan manufaktur. Tugas utama pengelola gudang adalah memastikan setiap stok barang selalu ready.

Mengingat posisi ini cukup penting bagi perusahaan, maka diperlukan kualifikasi khusus sebagai pengelola gudang. Pada artikel kali ini kami akan membahas apa itu administrasi gudang. Mari kita lihat!

Apa itu Adminsitrasi Gudang?

Administrasi gudang adalah posisi yang bertanggung jawab untuk akuntansi dan pendokumentasian barang produksi di gudang. Pengelola gudang sendiri memegang peranan penting dalam setiap perusahaan perdagangan dan manufaktur.

Tugas utama admin gudang adalah mencatat barang yang masuk dan keluar gudang, mengklasifikasikan semua barang tersebut dan memastikan stok selalu ready.

Baca juga  Non COD Artinya? Pengertian dan Bedanya dengan COD

Seorang admin gudang adalah posisi yang bertanggung jawab untuk akuntansi dan mendokumentasikan barang di gudang. Peran utama yang dilakukan adalah mencatat pergerakan barang masuk dan keluar gudang, serta mengklasifikasikan semua barang tersebut.

Berapa gaji rata-rata seorang administrasi gudang?

Saat ini, rata-rata gaji yang diterima oleh seorang administrasi gudang berada di kisaran Rp. 3.500.000,- Angka ini lebih tinggi dari gaji rata-rata di dalam negeri dan cukup tinggi, karena perusahaan juga menilai jenis pekerjaan yang dilakukan tidak sedikit dan cukup kompleks.

Namun untuk tunjangan dan bonus lainnya disesuaikan dengan aturan dan kemampuan perusahaan pemberi kerja. Biasanya, setiap perusahaan menerapkan tunjangan dan bonus yang berbeda satu sama lain. Belum termasuk prestasi pekerja yang pekerjaannya bagus.

Gaji administrasi gudang biasanya lebih tinggi daripada asisten gudang. Karena tanggung jawabnya lebih tinggi.

Tugas seorang admin gudang hampir sama dengan tugas pegawai administrasi kantor lainnya. Namun, ada beberapa perbedaan dan peran khusus untuk administrasi vault. Biasanya admin gudang minimal terdiri dari dua orang, atau jumlahnya disesuaikan dengan besar kecilnya gudang yang dimiliki. Berikut adalah 8 tugas untuk administrasi gudang.

Apa Tanggung Jawab Administrasi Gudang?

Tanggung Jawab admin Gudang dan Gaji Rata-Rata administrasi Gudang

  1. Daftarkan barang yang diterima
    Biasanya, gudang adalah lokasi pembuatan atau pembelian dari pihak lain. Nantinya, barang yang disimpan di gudang tersebut akan didistribusikan kembali ke pihak lain hingga sampai ke tangan konsumen.Untuk itu, selama proses pendistribusian hingga barang tiba di gudang, ia berperan sebagai pendaftar agar dapat diketahui jumlah stok yang tersedia.

    Beberapa barang yang dicatat oleh admin gudang antara lain jumlah persediaan di gudang, permintaan pembayaran untuk transaksi pembelian, dan pesanan. Pencatatan tersebut dimaksudkan untuk memudahkan manajemen dalam melakukan analisis penjualan dan lain-lain.

  2. Pengelompokan barang masuk menurut jenisnya
    Barang yang masuk gudang tidak hanya satu jenis. Untuk itu peran admin gudang selain menghitung jumlah barang yang masuk juga harus mengklasifikasikannya ke dalam produk sejenis.Dengan demikian akan memudahkan administrasi gudang untuk mengecek data yang tersedia dengan jumlah fisik persediaan yang masuk dan keluar gudang.
  3. Perbandingan data dengan jumlah stok fisik yang tersedia
    administrasi gudang juga memasukkan data inventaris. Hal ini dilakukan setelah mencatat total aktivitas keluar masuk barang di gudang.Tahapan ini membutuhkan ketelitian dan ketajaman analisis, karena harus dipastikan dengan setiap perhitungan yang dilakukan.Jika hasil analisis dan verifikasi cocok, berarti data tersebut dapat diandalkan. Begitu pula sebaliknya, jika terjadi ketidaksesuaian antara data dengan barang, maka terjadi kesalahan perhitungan antara kedatangan dan keberangkatan barang ke gudang.
  4. Mengecek ketersediaan stock barang
    Ada banyak aktivitas di gudang. Barang masuk dan keluar gudang juga tidak sama jenisnya. Untuk itu administrasi gudang harus terus mengecek ketersediaan barang sejak barang diterima, dibongkar, disimpan dan didistribusikan.Semua ini dilakukan untuk memastikan barang yang masuk dan keluar gudang sesuai dengan transaksi yang telah diselesaikan. Jadi, peran admin gudang tidak hanya melakukan pembukuan dan pengecekan, tetapi juga mengontrol ketersediaan barang di gudang.
  5. Perhatikan tanggal kedaluwarsa produk
    Sedangkan 4 peran admin gudang sebelumnya difokuskan pada menghitung dan melacak barang, serta masuk dan keluar. Kali ini, peran lain dari admin gudang adalah untuk melacak tanggal kedaluwarsa atau validitas stok produk.Bahkan, administrasi gudang juga harus mengatur distribusi barang yang diproduksi lebih awal dan memiliki umur simpan yang lebih cepat. Dengan demikian, tidak ada stok barang yang tidak dapat didistribusikan karena masalah kadaluarsa.
  6. Pengecekan barang retur dari konsumen
    Dalam produksi barang, pasti ada produk yang tidak sempurna saat masuk ke toko. Akhirnya, produk dengan hasil yang tidak sempurna dikembalikan atau dikembalikan ke gudang.

Di sini administrasi gudang berperan dalam mencatat dan mengecek setiap barang retur yang berasal dari konsumen.

Baca juga  Revolusi Teknologi dalam Layanan Freight Forwarding Oaktree.id

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top