Oaktree Blog

Stripping Container adalah dan Segala Kearifan di Dalamnya

Stripping Container adalah

Dalam dunia ekspor, istilah stripping container tidak kalah pentingnya dengan stuffing. Perlahan, mari kita telusuri dunia yang melibatkan barang yang akan dan sedang dikirim, mengungkap segala kompleksitas di dalamnya.

Apa Itu Stripping?

Stripping container dalam konteks ekspor adalah tindakan membongkar isi peti kemas di depo, tepat setelah peti kemas itu ditempatkan di dalam truk kontainer. Lebih dari sekadar pengeluaran barang, stripping menjadi proses penting untuk menyesuaikan muatan sesuai kebutuhan pengiriman berikutnya.

Baca juga  Out of Delivery: Mengatasi Kendala Pengiriman Barang

Jenis-Jenis Stripping

  1. Stripping Luar
    Stripping luar, atau dikenal sebagai stripping out, terjadi di luar wilayah lapangan dan umumnya dilakukan di gudang perusahaan atau Container Freight Station. Inilah momen ketika barang keluar dari kontainer ke dunia yang lebih luas.
  2. Stripping Dalam
    Stripping dalam, atau stripping in, merupakan proses keluarnya barang dari truk kontainer yang terjadi di dalam depo. Di sini, ketelitian menjadi kunci dalam menyusun ulang barang sesuai dengan rencana pengiriman.
Baca juga  Fasilitas Logistik adalah : Pengertian dan Jenisnya

Fungsi Stripping

  • Penyusunan Ulang Barang
    Sebelum kembali berlayar, barang perlu diatur ulang. Stripping tidak hanya memudahkan pengorganisasian, tapi juga memisahkan barang sesuai tujuan akhirnya.
  • Inventarisasi yang Akurat
    Barang yang keluar dari truk kontainer melalui stripping diinventarisasi secara detail. Keakuratan ini bukan hanya catatan, tapi juga jaminan minimnya risiko kehilangan atau kerusakan barang.
  • Memastikan Kualitas dan Menanggulangi Kerusakan
    Ketika barang diperiksa selama stripping, kualitasnya menjadi sorotan utama. Kerusakan terdeteksi dengan cepat, memungkinkan tindakan perbaikan atau penggantian sebelum perjalanan dilanjutkan.
  • Mengoptimalkan Penyimpanan
    Dengan pengorganisasian yang cermat, stripping membantu mencegah penumpukan barang yang bisa merugikan. Ruang penyimpanan menjadi lebih efisien, memberi tempat untuk barang-barang lain yang menanti.
  • Mematuhi Regulasi Keamanan
    Dalam dunia yang teratur oleh regulasi, stripping menjadi elemen penting. Perusahaan pengirim harus memastikan barang tidak hanya tiba dengan selamat tetapi juga mematuhi standar keamanan yang ditetapkan.
Baca juga  CDD (Colt Diesel Double) Definisi dan Perbedaan dengan CDE

Di balik kata stripping container tersimpan sejumlah tindakan kritis yang mendukung kelancaran dan keamanan perjalanan barang ekspor. Sebuah tarian yang rumit, namun esensial, dalam menghadapi dinamika globalisasi.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top