Oaktree Blog

Cari Tau Tentang Perbedaan Dropship dan Reseller

perbedaan dropship dan reseller

Perbedaan dropship dan reseller – Apakah kalian sering mendengar sebuah istilah tentang dropship dan reseller dalam dunia perbelanjaan online?

Jika iya apakah kalian sudah tau tentang apa itu keduanya?

Jika belum, pas sekali, karena dalam artikel ini kita akan coba membahas tentang 2 metode penjualan ini.

Baca artikel ini sampai tuntas agar ilmu pengetahuan kamu semakin mantab.

Baca Juga Tentang : Perbedaan Distribusi Langsung dan Tidak Langsung

Perbedaan Dropship dan Reseller Adalah?

Dropship dan reseller adalah dua metode yang sering digunakan untuk menjual produk. Keduanya memiliki kesamaan, namun juga memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah perbedaan antara dropship dan reseller.

Baca juga  DDP Shipment : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

Dropship adalah suatu metode di mana penjual online tidak memiliki barang yang dijual. Penjual online mempromosikan produk dan jika terjual, penjual online akan mengirimkan pesanan pelanggan kepada pemasok atau produsen yang akan mengirimkannya langsung ke pelanggan. Penjual online mendapatkan keuntungan dari selisih harga antara harga yang dibayar pelanggan dan harga yang dibayarkan pemasok.

Reseller adalah suatu metode di mana penjual online membeli produk dari pemasok dan menjualnya kembali dengan harga yang ditetapkan sendiri. Reseller biasanya membeli produk dalam jumlah besar dengan harga diskon dan kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Reseller biasanya menjual produk secara online dan offline.

Baca juga  Peran Penting Software Freight Forwarding dalam Pengiriman

Perbedaan utama antara dropship dan reseller adalah bahwa dropship tidak membutuhkan penjual online untuk membeli produk. Penjual online hanya melakukan promosi produk dan mengirimkan pesanan pelanggan ke pemasok. Reseller membutuhkan penjual online untuk membeli produk dari pemasok dan menjualnya kembali dengan harga yang ditetapkan sendiri.

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Dropship lebih mudah karena penjual online tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli produk. Namun, ini juga berarti bahwa penjual online tidak bisa mengontrol kualitas produk yang dibeli pelanggan.

Baca juga  Procurement adalah Pengertian dan Bedanya Dengan Purchasing

Reseller memiliki keuntungan dari kontrol kualitas produk, namun juga membutuhkan investasi dalam jumlah besar untuk membeli produk.

Dropship dan reseller adalah dua metode yang berbeda untuk menjual produk. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Penjual online harus memutuskan metode mana yang akan digunakan tergantung pada tujuan mereka dan ketersediaan modal.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top