Oaktree Blog

Manfaat Perdagangan Antar Negara : Penjelasan Lengkapnya

manfaat perdagangan antar negara

Manfaat perdagangan antar negara – perlu kita ketahui bersama bahwa hubungan antar negara pasti ada yang namanya kerja sama. Tidak mungkin suatu negara bisa berdiri sendiri dengan kekayaan alam miliknya, pasti ada kerja sama didalamnya.

Pasti suatu negara membutuhkan negara lain. Nah dalam hal ini kita akan coba membahas tentang bagian perdagangannya saja, spesifiknya adalah manfaat dari perdagangan antar negara.

Penasaran seperti apa? baca sampai tuntas ya.

Manfaat Perdagangan Negara

Ada banyak manfaat yang bisa diterima oleh berbagai negara dari pelaku perdagangan di luar negeri. Entah itu yang berkaitan dengan ekonomi, politik atau sosial.

Manfaat yang bisa didapat antara lain sebagai berikut :

1. Keuntungan Finansial

Seperti halnya prinsip dagang pada umumnya, keuntungan adalah tujuan dari kegiatan jual beli. Suatu negara menjual barangnya atau produknya ke luar negeri, maka otomatis dengan demikian negara tersebut akan mendapatkan keuntgungan dari segi materi.

Baca juga  Food Supply Chain : Peran Pentingnya dalam Pangan Global

Pasar global dengan jangkauan yang sangat luas akan memberikan produsen memperoleh banyak pelanggan dalam skala global. Sementara pihak konsumen juga diuntungkan berkat banyaknya pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan mereka.

2. Memperoleh Produk yang Tidak Tersedia

Manfaat perdagangan antar negara lainnya adalah, masyarakat bisa mendapatkan barang atau jasa yang tidak ada dalam suatu negara. Negara pasti memiliki beragam kebutuhan, baik itu untuk kepentingan pemerintah atau masyarakat.

Hal seperti ini dipengaruhi oleh banyak hal, contohnya adalah kondisi alam dan geografis yang bermacam – macam, ketersediaan sumber daya alam atau pun sumber daya manusianya, teknologi, dan banyak hal lainnya juga berpengaruh. Dan Inilah yang menyebabkan perlunya mengimpor barang dari luar negeri.

3. Menciptakan Hubungan Bilateral dan Multilateral

Dengan adanya perdagangan antar negara. maka akan menciptakan sebuah hubungan antar pihak yang terlibat. Dalam dunia internasional sendiri, hubungan tersebut dikenal dengan istilah bilateral dan multilateral.

Yang dimaksud bilateral adalah hubungan kerjasama internasional antara dua negara. Sedangkan yang dimaksud multilateral adalah hubungan kerjasama internasional yang melibatkan 3 negara atau lebih. Kerjasama ini tentunya memberikan keuntungan dan kemanfaatan bagi pihak-pihak terlibat.

Baca juga  Received at Origin Gateway Artinya di Status Pengiriman JNE

Hubungan yang baik yang terjalin tanpa kenal batas wilayah, bangsa atau ras tersebut bisa berkembang lebih erat. Bukan hanya dalam hal perekonomian akan tetapi juga dapat meluas ke aspek lainnya.

4. Teknologi

Manfaat lain perdagangan antar negara yang cukup signifikan di era modern adalah adanya transfer teknologi. Wilayah-wilayah dunia terbagi atas negeri yang berbeda-beda dengan kemajuan teknologi berbeda juga.

Negara maju menghasilkan alat-alat teknologi canggih yang dapat dikirim ke wilayah negara berkembang. Dengan begitu, kegiatan produksi bisa berlangsung secara efektif dan efisien. Ini dapat mendorong dunia industri yang semakin berkembang.

Guna mendorong kemajuan teknologi dan supaya tidak tertinggal dari perkembangan global, beberapa negara melakukan impor peralatan modern yang tidak mereka produksi. Dengan adanya peralatan canggih, mereka akan terbantu dalam menjalankan berbagai aktivitasnya.

Sekarang ini teknologi dan digitalisasi menjadi hal yang sangat diprioritaskan, terbukti dengan banyaknya Handphone di tangan masyarakat kita.

Baca juga  Warehouse Management System: Pengertian dan Manfaatnya

5. Memperluas Pasar

Yang terjadi dari hal ini adalah bisa memperluas pasar, produk kita bisa dikenal oleh negara – negara lain, misal kita punya batik bisa jadi batik dikenal oleh negara yang kita tidak tahu keberadaannya.

Namun dengan adanya pasar global, produsen dapat menjangkau pasar lebih luas untuk memasarkan produk mereka. Manfaat perdagangan antar negara ini dengan demikian dapat menjaga stabilitas harga produk.

Di lain sisi, jangkauan pasar yang luas juga memungkinkan peningkatan jumlah produksi. Artinya perolehan keuntungan perusahaan berpotensi semakin meningkat. Hadirnya kemajuan teknologi dan inovasi digital marketing kian memudahkan kegiatan pemasaran.

6. Meningkatkan Devisa Negara

Hubungan antar negara salah satunya bisa diwujudkan melalui kegiatan ekspor atau menjual produk ke luar negeri. Kegiatan ekspor tersebut tentunya menyumbangkan devisa negara. Semakin tinggi volume ekspor, semakin besar juga penerimaan devisa.

7. Meningkatkan Kesempatan Kerja

Manfaat perdagangan antar negara selanjutnya yaitu terciptanya kesempatan kerja secara luas. Pasar global memungkinkan siapa saja menjual produk ke mana saja tanpa batasan wilayah. Ini menyebabkan peningkatan produksi.

Sejalan dengan waktu, kegiatan produksi lambat laun pasti akan meningkat, nah dari sinilah kemungkinan untuk lebih banyak pekerja menjadi terbuka. Perdagangan antar negara juga mendorong lahirnya perusahaan – perusahaan

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top