Daftar Isi
ToggleDalam kelancaran arus barang ekspor dan impor, tentunya terdapat berbagai rangkaian prosedur kepabeanan yang rumit. Sehingga, untuk menjalankan pengurusannya akan dibantu oleh staff PPJK. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang staff ppjk meliputi pengertian, tugas dan tanggung jawabnya.
Apa itu Staff PPJK
Staff PPJK adalah seorang yang bekerja secara profesional untuk PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan). PPJK sendiri adalah badan usaha yang memiliki izin resmi dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) untuk memenuhi pengurusan kewajiban ke pabean atas nama importir atau eksportir.
Dengan demikian, Staff PPJK dapat diartikan sebagai seorang yang membantu kelancaran dalam pengurusan dokumen ekspor-impor.
Tugas dan Peran Staff PPJK
Seorang Staff PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan) memegang peranan krusial dalam pengurusan dokumen dalam ekspor-impor di hadapan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Berikut adalah Peran dan tugas dari seorang Staff PPJK:
1. Mengurus Administrasi Kepabeanan
Salah satu tugas staff PPJK adalah menyiapkan dokumen dan memastikan kelengkapan dokumen kepabeanan. Dokumen tersebut meliputi Surat Pemberitahuan Impor Barang (PIB), Surat Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB), serta dokumen yang sesuai dengan regulasi yang berlaku.
2. Mengkoordinasi Kegiatan Operasional Lapangan
Tidak hanya untuk mengurus dokumen saja, tetapi mereka juga melakukan koordinasi dengan pihak lapangan seperti perusahaan logistik yang mengirimkan atau gudang yang melakukan penyimpanan. Hal ini dilakukan agar barang dikirim dapat diterima dengan aman dan tepat waktu.
3. Memastikan Kepatuhan Terhadap Regulasi
Selanjutnya Staff PPJK juga berperan dalam memastikan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku termasuk dengan peraturan mengenai tarif, kouta, hingga dokumen yang diperlukan. Sehingga, tugas PPJK akan sangat berat, karena mereka harus memperbarui pengetahuan terkait regulasi yang sering berubah.
4. Memberikan Konsultasi
Yang paling penting dari tugas staff PPJK adalah mereka akan bertindak sebagai customer service yang akan memberikan informasi maupun konsultasi terkait prosedur ekspor dan impor. Selain itu, mereka juga bertindak untuk memberikan solusi yang tepat untuk kelancaran dalam proses pengiriman atau logistik.
Tanggung Jawab Staff PPJK
Disamping tugas dan peranan dari staff PPJK tersebut, mereka juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga hubungan baik dengan stakeholder terkait seperti bea cukai, pihak transportasi maupun warehouse (gudang). Selain itu, juga mereka harus memastikan komunikasi yang efektif agar proses pengiriman dan penerimaan barang menjadi efektif dan efisien.
Optimalkan Jasa Kepabeanan dengan Software Freight Forwarder Dari Oaktree
Pekerjaan staff PPJK yang penuh dengan detail, perhitungan, dan dokumen sangat rentan terhadap human error. Keterlambatan satu dokumen atau salah ketik satu angka bisa berakibat kerugian finansial. Di sinilah Oaktree.id hadir sebagai solusi untuk mengotomatisai proses kepabeanan dalam memvalidasi data dan pelacakan status pengiriman menjadi real-time.
Selain itu, adanya software ini akan membentuk staff PPJK untuk mempercepat tahapan dalam proses ekspor-impor. Sehingga nantinya dapat mengurangi potensi kerugian dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Masih ingin pertumbuhan bisnis Anda terhambat oleh proses kepabeanan yang rumit dan potensi human error? Yuk gunakan Oaktree sebagai solusi dalam otomatisasi proses kepabeanan yang mudah.
Hubungi kami hari ini untuk berkonsultasi secara gratis dan rubah transformasi pelayanan kepabeanan Anda dengan lebih cepat, akurat, dan andal dengan Oaktree.id.