Oaktree Blog

Cara Memulai Bisnis Impor yang Sukses dari Titik Terendah

Cara Memulai Bisnis Impor yang Sukses dari Titik Terendah

Memulai bisnis impor yang sukses dari nol mungkin terlihat sulit, namun hal tersebut bukan berarti tidak mungkin. Terdapat berbagai langkah yang perlu dipelajari sebelum memulai usaha impor agar terhindar dari kesalahan.

Belajar Jadi Importir

Bagi para pemula yang ingin menjadi importir, langkah pertama yang dapat diambil adalah bergabung dengan komunitas importir. Meskipun biaya masuknya cukup besar, namun keuntungan yang didapatkan dari komunitas ini sangatlah berharga. Komunitas impor dapat membantu para importir pemula mencari barang impor dengan keuntungan yang tinggi untuk dijual kembali di Indonesia. Selain itu, mereka juga membantu mencari suplier barang impor yang lebih murah namun berkualitas tinggi. Sebelum bergabung dengan komunitas, sebaiknya perhatikan kredibilitasnya dengan mengamati anggota-anggota yang telah berhasil dalam kegiatan impor.

Baca juga  Freight Forwarding di Indonesia: Pentingnya Untuk Logistik

Menentukan Negara Asal untuk Impor Barang

Seorang importir perlu memahami bahwa proses pengiriman barang dari negara asal mempengaruhi harga dan keuntungan jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan baik dalam menentukan negara asal untuk mengimpor barang. Selain itu, Anda juga perlu memahami HS Code atau kodefikasi barang impor yang tercantum dalam Buku Tarif Kepabeanan Indonesia (BTKI) agar proses impor barang menjadi lebih lancar.

Baca juga  Retur Barang: Pengertian, Alasan dan Peraturannya

Menentukan Barang yang Ingin Diimpor

Sebelum memulai impor, identifikasi segmentasi pasar yang menjadi tujuan Anda. Memaksimalkan segmentasi barang dapat meningkatkan potensi keuntungan. Pilihlah produk yang sedang tren, diminati kolektor, atau barang musiman yang memiliki tingkat minat tinggi, seperti barang yang populer pada momen Natal dan Lebaran.

Memahami Prosedur Pengiriman Barang

Memahami prosedur pengiriman barang sangat penting bagi seorang importir untuk memastikan kelancaran proses impor hingga sampai ke tujuan. Anda juga dapat memilih jasa freight forward yang lebih murah dan mengetahui bea cukai yang dikenakan terhadap barang impor. Pastikan memahami aturan yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan agar proses impor berjalan dengan lancar.

Baca juga  Manifest Serah Artinya Dalam Pengiriman POS Indonesia

Menyiapkan Perizinan dan Dokumen-dokumen yang Dibutuhkan untuk Impor

Sebagai importir yang sah di mata hukum, Anda harus memenuhi sejumlah syarat dan mengurus berbagai perizinan. Pastikan memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha) sebagai identitas usaha yang diterbitkan melalui sistem online single submission (OSS). Anda juga perlu memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan KSWP (Konfirmasi Status Wajib Pajak). Selain itu, pastikan mengurus API (Angka Pengenal Importir) sebagai tanda pengenal resmi importir.

Demikianlah beberapa langkah dan syarat yang perlu dipenuhi untuk menjadi importir yang sukses. Dengan memulai dari mempelajari usaha impor, bergabung dengan komunitas importir, menentukan negara asal untuk mengimpor barang, hingga memahami prosedur pengiriman dan perizinan, Anda dapat meraih kesuksesan dalam bisnis impor. Selamat berbisnis dan menjadi importir yang legal dan berprestasi!

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top