Oaktree Blog

Simak Penjelasan Tentang Less Than Container Load (LCL)

LCL

LCL (Less-than-Container-Load) merupakan istilah yang digunakan dalam pengiriman barang lewat pelayaran laut. Ini berarti bahwa berbeda dengan pengiriman Container Load (CL) di mana sebuah kontainer diisi dengan barang milik satu pembeli, LCL memungkinkan pengiriman barang dari beberapa pembeli yang berbeda dan dikumpulkan menjadi satu kontainer.

Baca Juga : Istilah Istilah Dalam Ekspor Yang Wajib Diketahui Oleh Perusahaan

Penjelasan Tentang LCL

Pengiriman LCL juga menawarkan fleksibilitas tinggi dalam jumlah dan jenis barang yang dapat dikirimkan. Hal ini memungkinkan pengiriman barang dalam jumlah kecil yang tidak layak untuk penuhnya kontainer penuh. Ini juga menawarkan fleksibilitas dalam jenis barang yang dikirimkan, karena ada banyak jenis barang yang bisa dikirim.

Karena LCL memungkinkan pengiriman barang dari beberapa pembeli yang berbeda, biaya pengiriman juga relatif lebih murah. Hal ini karena biaya pengiriman dibagi antara beberapa pembeli ke dalam satu kontainer saja. Pengiriman ini juga lebih aman dan lebih cepat daripada pengiriman melalui udara atau darat, karena banyak pembeli menggunakan kontainer yang sama untuk pengiriman barang mereka.

Baca juga  Dwelling Time : Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Pengiriman LCL juga memungkinkan pengiriman barang ke tujuan yang lebih luas. Karena banyak pembeli yang menggabungkan pengiriman mereka ke dalam satu kontainer, banyak pelabuhan di seluruh dunia yang dapat diakses. Dengan demikian, banyak pembeli dapat mengirimkan barang mereka ke lokasi-lokasi yang jauh, yang mungkin tidak dapat dijangkau dengan biaya yang wajar jika mereka menggunakan alternatif pengiriman lainnya.

Meskipun pengiriman LCL menawarkan banyak keuntungan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih ini sebagai pilihan pengiriman. Pertama, pengiriman ini membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pengiriman container load. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa barang-barang yang dikirim harus dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam satu kontainer sebelum dikirim. Selain itu, biaya pengiriman tidak dapat ditebak dengan akurat karena berbagai faktor, seperti jarak, jumlah barang, dan jenis barang yang dikirim, dapat berpengaruh.

Baca juga  Cari Tau Tentang Apa Itu Proforma Invoice

Baca Juga : Pengertian FCL : Penjelasannya Dalam Ekspedisi Barang

Metode Pengiriman dengan LCL

LCL (Less than Container Load) adalah metode pengiriman barang yang menggunakan kontainer, namun tidak membutuhkan seluruh kapasitas kontainer. Pembeli akan mengirimkan barangnya dalam jumlah yang lebih sedikit daripada kapasitas kontainer dan akan menggabungkan dengan barang dari pembeli lainnya. Biaya untuk mengirim barang melalui LCL lebih murah daripada mengirim barang melalui FCL (Full Container Load).

Baca juga  Perbedaan Delivery Note dan Delivery Order

Metode pengiriman ini cocok untuk pembeli yang ingin mengirim barang dalam jumlah kecil atau sedikit.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Pengiriman LCL adalah pilihan yang bagus untuk pembeli yang menginginkan fleksibilitas tinggi dalam jenis barang yang dikirim dan biaya pengiriman yang lebih murah. Namun, ini juga membutuhkan lebih banyak waktu dan biaya pengiriman tidak dapat ditentukan dengan akurat. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang tepat tentang biaya pengiriman sebelum memutuskan untuk menggunakan pengiriman LCL.

Untuk memantau aktivitas pengiriman seperti ini, Anda bisa mencoba software oaktree yang akan memudahkan kalian dari segi tracking. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi kita disini ya.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top