Oaktree Blog

Ketahui Penyebab Hambatan Perdagangan Antar Negara

hambatan perdagangan antar negara

Hambatan perdagangan antar negara – Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya, sebuah negara tidak bisa mengandalkan kekayaannya sendiri. Diperlukan peran negara lain untuk memenuhi kebutuhan yang ada melalui perdagangan internasional.

Kedua negara tersebut bisa melakukan kerja sama dan membangun hubungan bilateral yang sama-sama menguntungkan. Tentu ini demi mencapai berbagai kepentingan didalamnya.

Lalu apa itu perdagangan internasional? Bayangkan sebuah proses jual beli tas, tetapi penjualnya berasal dari negara Eropa dan kalian sebagai pembeli berasal dari Indonesia.

Nah, artinya terjadi proses jual beli barang atau jasa melintasi batas negara yang saling menguntungkan antar negara berdasarkan kesepakatan bersama. Wujud dari perdagangan antar batas ini adalah ekspor dan impor, yang akhirnya akan mendorong berkembangnya industrialisasi, globalisasi, dan investasi asing.

Baca juga  Delivered Dutytax Unpaid Adalah : Pengertian dan Penjelasannya

Baca Juga : Overload Artinya: Kelebihan Muatan (Penyebab dan Solusinya)

Hambatan Perdagangan Antar Negara

Dalam suatu jalinan kerja sama antar negara pasti selalu ada hambatan yang terjadi khususnya dalam proses perdagangan antar benua, berikut ini adalah contoh 5 hambatan yang terjadi dalam proses kegiatan perdagangan

  • Kebijakan Ekonomi dan Politik International

Setiap negara memiliki kebijakan ekonomi dan politiknya masing – masing, dalam prakteknya setiap negara pasti memiliki yang namanya proteksi terhadap komoditas produk yang dimilikinya.

Baca juga  Importir Produsen Adalah : Pengertian dan Penjelasannya

Karena bisa aja ini menjadi hambatan dalam sebuah negara, karena sebuah negara bisa membatasi perdagangan yang terjadi.

Tarif impor membuat para importir akan lebih susah menjual produknya masuk ke pasar di dalam negeri. Namun di sisi lain, tarif impor akan menguntungkan para pelaku usaha kecil di dalam negeri karena harga barang lebih murah dari barang impor.

Baca Juga : Manufaktur adalah: Pengertian, Jenis dan Contoh Produknya

  • Perbedaan Nilai Mata Uang

Kadang perbedaan nilai mata uang menjadi sesuatu hal yang menyulitkan, misalnya dari rupiah ke indonesia, hal ini menyebabkan kebanyakan orang enggan melakukan impor karena nilai tukar yang jauh berbeda.

  • Konflik Besar di Negara Tujuan

Adanya konflik di negara yang dituju juga bisa menyebabkan hambatan perdagangan antar negara, karena mayoritas wilayah kemungkinan akan menutup beberapa akses sehingaa proses ekspor dan impor akan dibatasi.

  • Birokrasi Suatu Negara

Peraturan atau birokrasi dalam negara yang menjadi negara tujuan menjadi hal yang bisa menghambat, kadang kita lupa akan aturan sebuah negara, nah hal itu menyebabkan tidak bisanya barang dikirim.

  • Organisasi Ekonomi

Pada prosesnya menjalankan perdagangan antar negara, terdapat berbagai aturan yang perlu diikuti agar proses dagang berjalan dengan baik. Namun tidak hanya dari aturan kedua belah pihak saja, tetapi juga kebijakan perdagangan dari organisasi yang diikuti negara yang bersangkutan. Ini dapat menjadi hambatan yang pelik, misalnya negara luar yang memiliki kualitas produk yang bagus akan sulit menjualnya ke negara anggota organisasi tertentu.

Baca juga  Kode Pos Dalam Formulir Pengiriman Barang

Bagikan artikel ini ke

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Layanan paling populer di Indonesia untuk bisnis
EMKL EMKU Logistik Distribusi |