Oaktree Blog

Exwork Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkap

exwork

Exwork (EXW) adalah salah satu jenis ketentuan pengiriman yang banyak digunakan dalam perdagangan internasional. Ini adalah kontrak internasional yang mengatur bagaimana suatu produk akan dikirim dari suatu pabrik atau tempat produksi ke pembeli.

Ketentuan pengiriman ini menempatkan tanggung jawab utama pada pembeli untuk memastikan bahwa produk dikirim dengan benar dan tepat waktu.

Penjelasan Tentang Exwork

Exwork memungkinkan pembeli untuk mengambil produk dari pabrik atau tempat produksi, yang biasanya adalah tempat penjualan (misalnya, pabrik, gudang, atau kantor penjualan). Pembeli dapat manfaat dari biaya transportasi yang lebih rendah daripada pengiriman langsung dari tempat produksi ke tujuan.

Ketentuan exwork membutuhkan pembeli untuk membayar biaya pengiriman, pajak, dan biaya lainnya yang terkait dengan pengiriman. Ini berarti bahwa pembeli harus mengatur pengiriman dan melakukan pengawasan terhadap barang sampai barang sampai di tujuan. Pembeli juga harus menangani dokumen yang diperlukan, termasuk faktur, dokumen ekspor, dan dokumen impor.

Baca juga  Manifest Serah Artinya Dalam Pengiriman POS Indonesia

Ketentuan exwork dapat digunakan untuk pengiriman dalam jangka pendek atau jangka panjang. Dalam jangka pendek, produk dikirim dari tempat produksi ke pembeli tanpa adanya tengara, dan pembeli harus mengatur pengiriman sendiri.

Dalam jangka panjang, produk dikirim ke tempat penyimpanan atau pusat distribusi, dan pembeli harus mengatur pengiriman barang dari tempat penyimpanan atau pusat distribusi ke tujuan akhir.

Ketentuan exwork adalah salah satu jenis ketentuan pengiriman yang paling fleksibel dan banyak digunakan. Ini memungkinkan pembeli untuk mengatur pengiriman dan mengontrol biaya, dan memungkinkan pembeli untuk mendapatkan produk dengan biaya transportasi yang lebih rendah. Namun, ketentuan exwork juga menempatkan tanggung jawab utama pada pembeli untuk memastikan bahwa produk dikirim dengan benar dan tepat waktu. Pembeli harus memastikan bahwa mereka memiliki kontrol penuh atas pengiriman, melakukan pengawasan yang tepat, dan menangani dokumen yang diperlukan.

Baca juga  Perbedaan Ekspor dan Impor, Berikut Penjelasannya!

Baca Juga : Istilah Istilah Dalam Ekspor Yang Wajib Diketahui Oleh Perusahaan

Kaitan Antara Exwork Dan Freight Forwarding

Exwork adalah salah satu incoterm (International Commercial Terms) yang mengacu pada jenis pengiriman barang dari pemasok kepada pembeli, di mana pembeli bertanggung jawab atas seluruh biaya yang terkait dengan pengiriman, termasuk tarif pajak, asuransi, dan biaya pengangkutan.

Freight forwarding adalah jasa yang disediakan oleh sebuah perusahaan untuk memfasilitasi pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain. Freight forwarding melibatkan perencanaan, pembelian, dan pengaturan transportasi untuk memastikan bahwa barang tersebut dikirim dengan tepat waktu, tepat biaya, dan tepat tujuan. Freight forwarding biasanya digunakan untuk menangani pengiriman yang berbeda jenis atau jumlahnya. Jadi, kedua hal tersebut saling berkaitan karena freight forwarding dapat membantu dalam pengiriman barang yang disepakati dalam incoterm exwork.

Baca juga  Memahami Apa itu Demurrage dan Detention dengan Mudah

Kesimpulan

Untuk penjelasan exwork seperti yang sudah dijelaskan diatas ya, sementara itu kami ingin memberikan informasi terkait dengan software freight forwarding di Indonesia yaitu Oaktree, info lengkapnya kunjungi website kita di oaktree.id

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top