Oaktree Blog

Tujuan Perdagangan Antar Daerah : Penjelasan Lengkapnya

tujuan perdagangan antar negara

Tujuan perdagangan antar daerah – Sebagian dari kita mungkin masih bingung dengan tujuan dari adanya perdagangan antar daerah, Tapi kalian sendiri tau gak kenapa ada yang namanya perdagangan antar daerah? Jawabannya mungkin bisa singkat, karena setiap daerah di Indonesia membutuhkan daerah lainnya.

Misal di jepara kerajinan kulit melakukan pengiriman ke berbagai daerah, atau di bantul ada batu kapur, dikiriim ke daerah yang membutuhkan, seperti itulah kiranya. Daerah tidak bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

Dalam hal ini perdagangan antar daerah memiliki tujuannya, apa saja itu? simak penjelasannya dibawah ini ya :

Tujuan Perdagangan Antar Daerah

  • Memperoleh Keuntungan

Dengan terjalinnya sebuah jual beli pasti ada keuntungan didalamnya. Keuntungan yang diperoleh dari selisih antara harga beli dan harga jual. Apabila barang diproduksi sendiri, maka keuntungan akan diperoleh dari selisih antara harga jual dan biaya produksi.

  • Memperluas Jangakuan Pasar

Jangkauan pasar tidak hanya terjadi dalam daerah itu sendiri, tetapi bisa tejadi di banyak daerah karena terjadi yang namanya proses pengiriman.

  • Membuka Lapangan Kerja

Dengan meluasnya jangkauan untuk melakukan perdagangan serta kemungkinan akan banyaknya permintaan, maka sebuah produksi mau gak mau akan menambah jumlah tenaga kerja untuk memenuhi itu semua. Harapannya adalah agar tingkat produktivitasnya dapat diiringi dengan sumber daya manusia yang memadai sehingga barang yang dihasilkan bisa lebih memuaskan.

  • Menjadi alat pemuas konsumen

Kebutuhan yang terpenuhi menjadi kepuasan dan ketenagan untuk sebuah konsumen, Karena itu perdagangan bisa menjadi salah satu alat untuk memuaskan konsumen karena bisa merasakan sumber daya yang bukan dari daerahnya melainkan dari daerah tempat lain.

  • Menjalin kerja sama antar daerah

Semakin luas jangkauan perdagangan antar daerah produk maka relasi atau hubungan yang dibangun antar masyarakat di pulau satu dengan pulau lainnya juga lebih baik. Selain dari sisi ekonomi, manfaat perdagangan antar daerah juga bisa menimbulkan efek positif dalam aspek sosial masyarakat begitu pula jika dibandingkan dengan manfaat perdagangan antar negara. Interaksi masyarakat yang memiliki perbedaan budaya akan timbul serta saling menghargai.

  • Meningkatkan Kemakmuran Masyarakyat

Dengan terpenuhinya kebutuhan masyarakat karena adanya perdagangan antar daerah menjadi rakyat meenjadi makmur. Hal ini sangat diperlukan karena luasnya negara Indonesia, dan pemerataan kebutuhan haruslah sama sesuai dengan pancasila.

Baca juga  Software Accounting Accurate Untuk Perusahaan Ekspor

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top