Oaktree Blog

Informasi

ems tracking adalah

EMS Tracking Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkap

EMS tracking adalah – Mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum paham dengan EMS, tapi untuk pelaku usaha atau seseorang yang bekerja dalam bidang ini bisa saja sudah tau segalanya tentang EMS tracking. Nah untuk kalian yang belum tau tentang apa itu EMS, kita akan coba bahas kepada kalian tentang penjelasan lengkapnya. Pengertian EMS (Express Mail Service) EMS yang merupakan singkatan dari Express Mail Service adalah sebuah ide dari UPU untuk memnerikan bantuan dalam hal meningkatkan efisiensi pengiriman pos dan paket internasional.Untuk sekarang ini, hal ini adalah EMS kebanyakan digunakan oleh sektor eCommerce dan pasar online yang sedang berkembang pesat untuk menawarkan pengiriman cepat pada produk yang dibeli di luar negeri. Pembentukan Usaha ini pada tahun 1998, oleh administrator UPU (Dewan Operasi Pos). Layanan EMS mempunyai tujuan yang lebih luas lagu guna mempromosikan pengembangan layanan pos EMS di seluruh dunia. Saat ini, Koperasi EMS adalah bagian utama dari Dewan operasi pos dengan lebih dari 180 negara anggota bekerja sama untuk membuat EMS (produk pos lintas batas tercepat) berfungsi. Layanan EMS bisa melakukan pengiriman sekitar 8 juta paket setiap minggu dan memiliki 178 administrasi yang siap. Cara Kerja EMS Express Mail Service atau EMS adalah suatu layanan pengiriman global yang menjanjikan perputaran tercepat untuk pengiriman pos domestik dan internasional. Pengguna akan membayar biaya tambahan untuk memastikan waktu pengiriman secepat mungkin.. Ini adalah layanan untuk surat domestik dan internasional. Mengapa EMS biasanya lebih cepat? adalah karena EMS bukanlah sebuah usaha yang memiliki beberapa pegawai saja, melainkan sebuah asosiasi kurir yang bekerja sama untuk mengirimkan produk, sehingga memperluas kapasitas individu masing-masing untuk mengirim ke seluruh dunia. Apa saja fitur utama pengiriman paket EMS? Kemampuan EMS untuk mengakses jaringan kantor pos yang sedemikian besar, berarti EMS dapat membanggakan sebagian besar titik akses pelanggan di dunia. Ini pada gilirannya, juga berarti bahwa ia dapat memberikan cakupan mil terakhir terbesar secara global, semua dengan dukungan dukungan layanan pos di seluruh dunia. Kiriman EMS dapat dikirim dari loket kantor pos atau diambil dari tempat pelanggan, di antara berbagai pilihan praktis lainnya. Fitur utama yang disediakan agar pengiriman EMS berhasil meliputi: Barang bisa diterima di kantor pos mana pun atau diambil dari tempat pelanggan, pelanggan bisa mengambil dari mana saja atau diantarkan ke tempatnya. Menjadi prioritas dari penerimaan awal hingga pengiriman tujuan akhir Tanda tangan saat pengiriman Pengiriman ke tempat penerima Tracking dari tempat ke tempat (ini tergantung pada apakah kurir yang sama menangani layanan atau tidak. Dalam beberapa kasus, pelacakan dapat beralih di antara kurir jika penangan berubah selama rute pengiriman parsel. Pelanggan yang ingin menemukan semua kebutuhan pelacakan mereka terpenuhi di satu tempat, sedang menggunakan API pelacakan pengiriman universal situs. Dalam hal ini bernama EMS Tracking Pelanggan yang tertarik untuk menggunakan jasa pengiriman pos EMS dapat mengetahui informasi lebih lanjut dengan mengunjungi penyedia layanan jasa ini. Baca Juga : Custom Clearance Adalah : Terkait Proses Dan Hal Lainnya Kesimpulan Bagaimana? sudah paham dan tertarik dengan EMS? semoga penjelasan tentan EMS tracking adalah dapat membantu kalian untuk lebih paham lagi ya.

EMS Tracking Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkap Read More »

custom clearance adalah

Custom Clearance Adalah : Terkait Proses Dan Hal Lainnya

Perlu kita ketahui bersama, bahwasannya custom clearance untuk keperluan ekspor atau impor secara mandiri adalah hal yang sangat sulit dan membuat bingung orang untuk orang yang awam. Dalam artikel ini kita akan coba jelaskan tentang pengertian dari custom clearance dan bagaimana prosesnya itu sendiri. Untuk lebih jelasnya simak artikel ini secara mendetail ya semuanya, baca dari awal sampai akhir. Pengertian Custom Clearance Sebelum kita lebih jauh tentang proses dari custom clearance, Anda perlu tau terlebih dahulu apa itu customs clearance. Jadi apa yang dimaksud dengan Customs clearance? Custom clearance adalah sebuah kegiatan pengurusan shipment atau cargo untuk kebutuhan ekspor atau impor seperti pajak, kepabeanan, dan dokumen terkait supaya cargo atau barang tersebut dapat di distribusikan pada suatu negara. Kegiatan ini wajib ada untuk perdagangan internasional. Dengan melalui proses yang rumit ini barang dikatakan legal / resmi untuk dapat diperdagangkan di suatu negara. Untuk menjalani seluruh proses hingga suatu barang dapat dikeluarkan dari area penimbunan atau CY (Container Yard) port, harus cukuplah tahu dalam pengurusan kepabeanan. Urusan custom clearance tidak sekedar barang masuk, proses dan dikeluar. Terkadang suatu negara menerapkan aturan yang harus ditaati oleh pihak pengirim atau penerima barang. Hal tersebut diikuti dengan adanya penerapan proses customs clearance dengan mengacu kepada peraturan Pemerintah. Kami akan memberikan penjelasan terkait penanganan alur dokumen untuk impor barang dengan menggunakan kapal laut atau biasa di bilang Seafreight. Proses Custom Clearance Proses ekspor atau impor Semua barang yang masuk ke Indonesia harus mengalami proses persetujuan oleh Bea Cukai dan kemudian  dikenakan bea cukai dan pajak lain yang berkaitan dengan impor kecuali jika secara hukum yang berlaku barang tersebut  dibebaskan  untuk tidak membayar bea. Ada beberapa langkah yang terkait dengan   Proses Impor  : Proses untuk masuk sebelum izin Pemberitahuan. Hal – hal ini meliputi beberapa proses, berikut adalah contohnya 1. Proses untuk masuk sebelum izin Barang ekspor atau impor dapat dikatakan sah secara hukum masuk setelah kedatangan kapal melalui  batas-batas pelabuhan masuk.  Ketika  kapal datang, Master atau agen nya wajib mengajukan Deklarasi Umum mencakup semua kargo dan perlengkapan di kapal ke Kantor Pelayanan Bea Cukai paling lambat per  tanggal kedatangan, kecuali jika barang dating pada hari Minggu dan Hari Libur, pengajuan  harus dilengkapi dengan informasi berikut: Nama dan bendera kapal dan juga nama tuannya hal ini menunjukkan identitas dari sebuah barang, berasal dari mana Negara Asal, tempat (s) dan pembebanan / keberangkatan; Jumlah, tanda, penomoran, dan deskripsi lain dari kemasan barang, termasuk berat dan volume (isi kubik); Jenis dan jumlah barang yang tidak dikemas. Setelah melaporkan isi kapal ke Kantor Pelayanan Bea Cukai, barang dapat dibongkar di dermaga resmi dan tempat (tempat pendaratan disetujui), atau pada tempat lain yang berwenang sesuai dengan permintaan dari carrier 2. Pemberitahuan Barang bisa saja dinyatakan sebagai miliknya oleh importir atau bisa di atas namakan broker pabean. Pemberitahuan  dimaksudkan untuk mendapatkan clearance barang untuk  langsung digunakan  atau impor sementara harus melakukan hal sebagai berikut: untuk mengajukan deklarasi pengimpor (PIB), bersama dengan dokumen pendukung yang relevan seperti: faktur komersial, tagihan saluran napas atau B / L, packing list, dll; untuk membayar bea masuk dan pajak; untuk memastikan keakuratan untuk khusus dalam PIB seperti antara lain: klasifikasi atau HS / Kepabeanan kode, nilai custom, dan lain lain 3. Impor Deklarasi Deklarasi harus dibuat pada formulir deklarasi impor disebut “Impor Deklarasi” (PIB) yang harus diajukan ke  Kantor Pelayanan Bea Cukai selama jam kantor. Setelah Pemberitahuan di submit,, barang  diizinkan untuk disimpan di gudang sementara   (gudang atau ruang terbuka)  pelabuhan  untuk jangka waktu maksimal 2 bulan, dimulai sejak tanggal pembongkaran, namun di Tanjung Priok, periode maksimum penyimpanan sementara hanya 1 bulan. Barang-barang yang belum di clearance dalam waktu yang ditentukan akan dianggap sebagai barang tidak diklaim di mana Bea Cukai berwenang untuk menghapus, menghancurkan, ekspor ulang, atau menjual barang-barang tersebut melalui lelang. Dalam hal barang tidak di klaim  dalam waktu satu tahun dan jika importir tidak melunasi biaya yang dikeluarkan untuk pemindahan dan penyimpanan barang, maka Bea Cukai berwenang untuk menjual barang tersebut secara lelang atau melepaskan barang seperti diputuskan oleh Menteri Keuangan. Hasil penjualan tersebut digunakan untuk menutupi bea masuk, pajak dan biaya lainnya. Jumlah tersebut akan dikembalikan kepada importir jika klaim dibuat dalam jangka waktu 3 tahun dimulai dari tanggal penyimpanan di Gudang Bea Cukai. Jika tidak diklaim akan dimasukan sebagai pendapatan Negara. Baca Juga : Customs Declaration Online Indonesia, Begini Cara Mengisinya! 4. Dokumentasi PIB atau pemberitahuan impor barang antara lain memerlukan informasi berikut: nama, pekerjaan dan alamat pemberitahu, nama pembawa dan tuannya, negara asal, tempat di mana barang disimpan (gudang, ruang terbuka, gudang, dll), kualitas, deskripsi barang untuk tujuan klasifikasi dan penilaian. PIB harus dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti faktur, bill of lading,  asuransi, daftar pengepakan, lisensi impor untuk jenis barang tertentu. 5. Pemeriksaan Barang Impor Pemeriksaan biasanya dilakukan  di tempat yang ditentukan secara hukum selama jam kerja. Ruang lingkup pemeriksaan biasanya hingga 10%, namun ketika suatu pelanggaran terdeteksi, pemeriksaan menyeluruh akan dilakukan. Pemberitahu bertanggung jawab untuk bongkar muat, membongkar, mengemas, dan menyediakan fasilitas lainnya yang diperlukan untuk pemeriksaan barang. Ketika dalam pemeriksaan terdapat perbedaan, sampel barang dapat diekstraksi untuk klasifikasi yang tepat dan penilaian nilai, bea, dan pajak atau untuk tujuan lain sebagaimana mungkin ditentukan oleh Bea Cukai. 6. Penilaian Barang yang kena Bea Cukai Bea diklasifikasikan sebagai ad valorem dan spesifik. Sebuah tugas ad valorem adalah persentase yang diterapkan pada nilai yg kena bea cukai dari barang impor. Sedangkan tugas tertentu adalah jumlah yang ditentukan per unit berat, gauge atau pengukuran lain kuantitas, misalnya Rp.10, 000.00 per kilogram di bawah sistem matrix. 7. Pembayaran Bea Masuk Pembayaran bea dan pajak untuk barang impor harus dilakukan melalui bank devisa. Adapun barang yang dibawa oleh penumpang yang datang dari luar negeri yang tidak memenuhi kriteria sebagai barang komersial, pembayaran bea dan pajak dapat dilakukan pada Kantor Pelayanan Bea Cukai di bandara. Penumpang akan diberikan tanda terima di tempat untuk tugas dibayar. Setiap kelebihan pembayaran bea dikembalikan dan kurang bayar adalah tagihan. 8. Rilis Barang Barang impor utama harus dilepaskan segera, namun, ketika suatu pelanggaran terdeteksi, pemeriksaan ulang menyeluruh akan dilakukan oleh Bea Cukai. Pelepasan barang akan dikenakan proses kepabeanan normal. Dalam hal nilai barang impor tidak dapat dinilai

Custom Clearance Adalah : Terkait Proses Dan Hal Lainnya Read More »

job costing

Job Costing Adalah : Pengertian dan Manfaatnya

Sebagian dari masyarakat masih belum tau tentang istilah job costing dalam kehidupannya sehari – hari. Jika kita tau tentang yang namanya job costing, pasti itu akan sangat memudahkan bagi kita khususnya untuk kehidupan sehari – hari. Terlebih untuk kalian yang notabene adalah seorang pebisnis atau pebisnis. Yuk kita coba bahas tentang job costing pada artikel ini, Simak dan baca sampai tuntas ya. Pengertian Job Costing Job Costing adalah suatu metode perhitungan dimana cost produksi yang dikumpulkan nantinya akan dibebankan dan menjadi cost ke unit produksi. Cost ini bisa dikatakan sebagai cost berdasarkan pesanan. Kuncinya adalah perhitungan cost ini adalah cost harus dipisah antara suatu pekerjaan yang berbeda dari pekerjaan lainnya, dan menyebabkan pemisahannya jelas, jadi bisa ditelusuri dengan baik. Bagaimana? sudah ada gambaran tentang jobcosting? Sekarang kita lanjut ke manfaat dari job costing Manfaat Pemisahan cost secara jelas tentu saja memberikan banyak manfaat dalam perusahaan. Bagaimana perhitungannya akan dipisah dan menyebabkan tidak akan tercampurnya cost antara satu dengan lainnya. Sehingga penelusuran cost juga akan mudah untuk dilakukan, selain itu manfaat lain dari job costing ini diantaranya adalah : 1. Menentukan Harga Jual Hal pertama dari manfaat job costing adalah perusahaan bisa untuk menentukan harga jual berapa yang sesuai. Karena dari awal cost produksinya sudah ketahuan dengan jelas. Sehingga, cost produksi bisa digunakan sebagai acuan penentuan harga jual. Sehingga keuntungan yang didapatkan bisa disesuaikan dengan cost produksi tersebut. Selain itu juga bisa menghindari persaingan dengan mematok harga sesuai harga pasaran. 2. Bahan Pertimbangan Menerima dan Menolak Pesanan Cost ini akan mengetahui berapa besar cost produksi yang dihasilkan dari besarnya cost pesanan. Dengan begitu, perusahaan akan mengetahui berapa cost produksi yang dibutuhkan apakah modal yang tersedia sudah mencukupi. Apabila akun modal dirasa masih terlalu jauh, dan tidak bisa mengcover pesanan yang dibutuhkan maka pebisnis bisa menentukan apakah ingin menerima dan menolak pesanan tersebut namun berdasarkan pertimbangan yang matang. 3. Memantau Penerapan Cost Produksi Pebisnis juga bisa memantau cost produksi melalui tracking yang jelas berdasarkan pesanan yang ingin dibuat. Apabila nanti jika dirasa ada cost produksi yang tidak sesuai dengan perhitungan, maka bisa langsung dicari apa penyebab atau kesalahannya. Penerapan cost produksi yang baik juga akan membantu dalam perhitungan hal lain seperti keefektifan waktu kerja serta keuntungan bisnis serta menekan biaya operasional. 4. Pemisahan Keuntungan yang Jelas Ketika hasil penjual sudah didapatkan, pebisnis bisa langsung mengelompokkannya menjadi laba. Namun sebelum itu ada baiknya untuk memisahkan dulu, dengan cara mengurangi keuntungan yang didapat dengan cost produksi yang sebelumnya sudah dibuat. Dengan begitu pemisahan keuntungan menjadi lebih jelas, dan bisa menjadi tolak ukur apakah pesanan yang didapat sudah memberikan keuntungan atau belum. 5. Dapat Membandingkan Laba Setiap Penyelesaian Pekerjaan Seperti pembahasan sebelumnya, terkait dengan pemisahan keuntungan yang jelas bisa menjadi tolak ukur. Dengan begitu, pebisnis bisa membandingkan setiap penyelesaian pekerjaannya berapa keuntungan yang didapat. Sehingga dengan begitu menjadi tolak ukur juga apakah perusahaan mengalami peningkatan atau justru mengalami penurunan. Jadi, sekalian sebagai laporan keuangan secara tidak langsung. Baca juga : Jenis Dokumen Barang: Kenali Dokumen Pengiriman Barang 6. Mempermudah Mengetahui Kesalahan yang Terjadi Pada Proses Pekerjaan Pada saat pencatatan berapa cost produksi yang dibutuhkan, pebisnis bisa dengan cepat mengetahui kesalahan apa yang terjadi dalam proses pekerjaannya. T ermasuk apabila terjadi pembengkakan cost yang dirasa tidak normal, maka bisa diketahui dengan cepat dan bisa diperbaiki. Setiap kesalahan kecil terkait cost produksi akan diketahui dan dengan cepat bisa diperbaiki sehingga permasalahan tersebut tidak berlarut-larut. 7. Menentukan Beban Produksi Beban produksi juga bisa diketahui, karena berdasarkan pesanan. Jadi saat pebisnis menerima pesanan, pebisnis bisa langsung memprediksi apa saja yang menjadi kesulitannya. Dengan seperti itu para pebisnis bisa menjadikan hal itu sebagai hipotesa, nantinya hipotesa akan ditentukan melalui perencanaan produksi beserta biayanya yang dibuat. 8. Membandingkan Cost Aktual Cost aktual yang terjadi dibandingkan dengan cost yang telah ditentukan. Dengan adanya cara ini, sebuah tindakan dapat diambil untuk mengendalikan overhead berlebihan yang terjadi. Sama seperti pembahasan sebelumnya, terkait pebisnis yang memiliki hipotesis awal terhadap pesanan yang ingin diambil. 9. Menyiapkan Analisis Tren Analisis tren dapat disiapkan melalui kompilasi cost historis atau cost yang sebelumnya sudah pernah terjadi dan diterapkan sebagai penentuan cost pekerjaan. Dengan begitu, penentuan cost selanjutnya menjadi lebih mudah dan realistis untuk pekerjaan selanjutnya. Dengan begitu maka akan meminimalisir terjadinya kesalahan perhitungan untuk pesanan yang selanjutnya.

Job Costing Adalah : Pengertian dan Manfaatnya Read More »

Scroll to Top