Oaktree Blog

Alur Bongkar Muat di Pelabuhan & Tahapannya

alur bongkar muat di pelabuhan

Alur bongkar muat di Pelabuhan adalah titik penting dalam rantai pasokan global, di mana proses bongkar muat merupakan langkah utama dalam menggerakkan barang dari kapal laut ke darat atau sebaliknya.

Dalam Artikel ini kita akan coba menjelaskan alur bongkar muat di pelabuhan beserta tahapan dan dokumen yang terlibat dalam proses tersebut.

Baca Juga : Fungsi Logistik: Mengoptimalkan Pengelolaan Pengiriman

Alur Bongkar Muat di Pelabuhan

1. Pemilihan dan Penjadwalan Kapal

Tahapan pertama dalam alur bongkar muat di pelabuhan adalah pemilihan dan penjadwalan kapal. Pihak pelabuhan harus mempertimbangkan ukuran kapal, muatan yang akan diangkut, dan kemampuan infrastruktur pelabuhan untuk menangani kapal tersebut. Setelah itu, penjadwalan kapal dilakukan berdasarkan prioritas dan kapasitas pelabuhan.

Baca juga  Peluang Usaha Logistik Di Masa Kini, Simak Ulasannya

2. Dokumen Persiapan Sebelum kapal tiba di pelabuhan.

berbagai dokumen persiapan harus dipersiapkan. Dokumen ini meliputi:

a. Pemberitahuan Kedatangan Kapal

Pihak kapal harus memberi tahu pelabuhan tentang kedatangan mereka, termasuk estimasi waktu kedatangan (ETA) dan daftar muatan yang akan dibongkar atau dimuat.

b. Manifest Kapal

Dokumen ini berisi informasi detail tentang muatan yang akan dibongkar dan dimuat di pelabuhan. Manifest kapal mencakup jenis barang, jumlah, dan keterangan lainnya yang relevan.

c. Rencana Bongkar Muat

Pelabuhan harus menyusun rencana yang merinci urutan bongkar muat barang dari kapal, penggunaan peralatan bongkar muat, dan alokasi sumber daya manusia yang diperlukan.

Baca juga  Overload Artinya: Kelebihan Muatan (Penyebab dan Solusinya)

3. Persiapan di Pelabuhan Ketika kapal tiba di pelabuhan

beberapa tahapan persiapan dilakukan sebelum proses bongkar muat dimulai:

a. Pemeriksaan Keamanan

Pelabuhan melakukan pemeriksaan keamanan terhadap kapal, muatan, dan kru kapal sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku.

b. Pengaturan Area Bongkar Muat

Area bongkar muat di pelabuhan disiapkan, termasuk pengaturan alat bongkar muat, seperti derek, crane, atau forklift, sesuai dengan rencana yang telah disusun.

c. Persiapan Dokumen dan Peralatan

Dokumen seperti surat jalan, faktur, dan dokumen kepabeanan lainnya dipersiapkan untuk proses administrasi. Peralatan bongkar muat juga diperiksa dan disiapkan untuk digunakan.

4. Bongkar Muat Barang Setelah semua tahapan persiapan selesai

proses bongkar muat dimulai:

a. Pengeluaran Barang dari Kapal

Barang yang akan dibongkar diangkut dari kapal menggunakan alat bongkar muat yang sesuai. Barang kemudian ditempatkan di area penyimpanan sementara di pelabuhan.

Baca juga  Komoditas Barang Ekspor Terbesar Indonesia

b. Pemeriksaan Barang

Barang yang telah dibongkar diperiksa untuk memastikan kondisi dan kelengkapan sesuai dengan manifest kapal dan peraturan yang berlaku.

c. Penyimpanan Sementara

Setelah pemeriksaan selesai, barang yang telah dibongkar ditempatkan di area penyimpanan sementara di pelabuhan sebelum diangkut lebih lanjut.

5. Dokumen Pasca bongkar Muat Setelah proses bongkar muat selesai

beberapa dokumen pascabongkar muat harus diproses:

a. Laporan Bongkar Muat

Pelabuhan membuat laporan yang merinci jumlah, jenis, dan kondisi barang yang telah dibongkar dari kapal.

b. Dokumen Kepabeanan

Dokumen kepabeanan seperti dokumen impor atau ekspor, surat jalan, dan faktur harus diproses sesuai peraturan dan prosedur yang berlaku.

c. Rekonsiliasi Inventaris

Inventaris barang yang telah dibongkar harus disesuaikan dengan manifest kapal dan dilakukan rekonsiliasi untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kehilangan.

Baca Juga : Contoh Komoditi Ekspor Nonmigas di Indonesia

Kesimpulan

Proses bongkar muat di pelabuhan melibatkan serangkaian tahapan dan dokumen yang penting untuk memastikan kelancaran penggerakan barang dari kapal ke darat atau sebaliknya.

Pemahaman yang baik tentang alur bongkar muat dan persyaratan dokumen yang terlibat sangat penting dalam menjaga efisiensi dan keandalan operasi pelabuhan.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top