Oaktree Blog

Sea Waybill : Pengertian & Fungsinya Pengiriman Barang Maritim

Sea waybill

Di era yang sudah maju seperti sekarang ini, pengiriman barang melintasi lautan menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan bagi berbagai perusahaan dan industri.

Pada saat inilah peran dokumen pengiriman menjadi sangat penting dalam memastikan barang mencapai tujuan dengan aman dan efisien.

Salah satu jenis dokumen pengiriman yang populer dalam bisnis maritim adalah Sea Waybill atau Bill of Lading tanpa hak tagih (non-negotiable).

Apa itu Sea Waybill?

Sea Waybill adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat kontrak pengangkutan laut antara pengirim dan penerima barang. Dokumen ini berfungsi sebagai bukti pengiriman dan tidak dapat dipindahtangankan.

Dalam perjanjian ini, perusahaan pelayaran bertanggung jawab atas transportasi dan pengiriman barang ke tujuan yang ditentukan.

Baca juga  Supply Chain Management adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Sea Waybill tidak memerlukan tanda tangan atau materai, sehingga prosesnya lebih cepat dan mudah.

Fungsi Sea Waybill

1. Bukti Pengiriman

Sea Waybill berfungsi sebagai bukti resmi bahwa barang telah diterima oleh pihak pelayaran untuk dikirimkan kepada penerima yang dituju. Pihak pelayaran akan mencatat informasi terkait barang, tujuan, dan pengirim, serta menyerahkan salinan dokumen ini kepada pengirim sebagai bukti penerimaan.

2. Tidak Dapat Dipindahtangankan

Berbeda dengan Bill of Lading konvensional yang dapat dipindahtangankan, Sea Waybill tidak memungkinkan transfer kepemilikan barang secara langsung. Dokumen ini dapat diklaim oleh penerima atau pihak yang ditunjuk, sehingga mengurangi risiko kehilangan atau penipuan.

3. Pemrosesan Cepat

Karena Sea Waybill tidak memerlukan tanda tangan atau materai, prosesnya lebih sederhana dan cepat dibandingkan dengan Bill of Lading tradisional. Hal ini memberikan keuntungan bagi perusahaan yang mengutamakan efisiensi dan kecepatan dalam pengiriman barang.

Baca juga  Delivered Artinya Dalam Pengiriman Paket

4. Pengiriman Door-to-Door

Sea Way Bill memungkinkan opsi pengiriman door-to-door, di mana barang dapat dikirimkan dari pintu ke pintu tanpa perlu melalui berbagai proses yang rumit. Hal ini menghemat waktu dan biaya bagi pihak-pihak yang terlibat dalam pengiriman.

Baca Juga : Peran Depo Kontainer dalam Industri Logistik Adalah

Keunggulan Sea Waybill

1. Keamanan dan Kecepatan

Sea Way Bill menyediakan tingkat keamanan yang tinggi karena tidak dapat dipindahtangankan, mengurangi risiko penyalahgunaan atau perubahan informasi. Selain itu, prosesnya yang cepat memungkinkan barang tiba lebih awal di tujuan yang ditentukan.

Baca juga  Fulfillment Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

2. Efisiensi Biaya

Karena tidak ada kebutuhan untuk mencetak dan mengirimkan dokumen fisik dengan tanda tangan, biaya administrasi yang terkait dengan Sea Way Bill lebih rendah dibandingkan dengan Bill of Lading tradisional.

3. Kepatuhan Hukum

Sea Way Bill memberikan kepastian hukum terkait hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam pengiriman barang. Dengan mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku, risiko hukum dapat diminimalkan.

Kesimpulan

Sea Way Bill adalah dokumen pengiriman barang maritim tanpa hak tagih yang memberikan bukti pengiriman kepada pihak-pihak terkait tanpa memerlukan tanda tangan atau materai. Fungsi dan keunggulannya menjadikannya pilihan yang populer dalam bisnis pengiriman barang.

Dengan keamanan, kecepatan, dan efisiensi biaya yang dihadirkannya, Sea Way Bill terus menjadi solusi yang efektif dalam memfasilitasi perdagangan internasional dan menghubungkan pasar global.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top