Oaktree Blog

On Board Artinya? Yuk Cari Tau Sekarang Juga

on board artinya

Pengertian On Board

On Board artinya adalah proses menyambut dan menampung orang baru ke dalam sebuah organisasi. Dalam industri teknologi informasi, istilah ini digunakan untuk menggambarkan proses memasukkan orang baru ke dalam tim pengembangan perangkat lunak atau pengembangan produk.

Proses On Boarding mencakup berbagai hal, mulai dari proses perekrutan, orientasi, pengenalan tim dan pengenalan perusahaan. Tujuan utama On Board adalah untuk membantu karyawan baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja baru mereka, serta untuk memastikan bahwa mereka bisa menjalankan tugasnya dengan benar.

Proses On Boarding harus dimulai sejak saat karyawan baru diterima. Ini memungkinkan perusahaan untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi dalam proses rekrutmen, seperti mencari kandidat yang salah, atau kandidat yang tidak cocok dengan kultur organisasi.

Baca juga  Peran dan Pentingnya Penyelenggaraan Jasa Konstruksi (PPJK)

Baca Juga : Fulfillment Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

Kemudian, selama proses orientasi, orang baru akan mempelajari organisasi, tugasnya, dan tanggung jawabnya. Ini juga merupakan kesempatan bagi perusahaan untuk menyajikan karyawan baru dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku.

Selain itu, perusahaan juga akan melakukan pengenalan tim, yang meliputi:

• Menyajikan tim dan pekerjaannya
• Membangun ikatan antara anggota tim
• Memberikan pengetahuan tentang tim dan pekerjaannya
• Membangun kepercayaan di antara anggota tim
• Memberikan pelatihan tentang bagaimana menangani masalah yang mungkin tim hadapi

Baca juga  Criss Cross Artinya: Pengertian, Faktor dan Cara Mengatasinya

Setelah orang baru memahami lingkungan kerja dan lingkungan kerja tim mereka, selanjutnya adalah pengenalan perusahaan. Ini meliputi:

• Membangun kepercayaan dan rasa nyaman dalam organisasi
• Memberikan pengetahuan tentang budaya dan nilai-nilai perusahaan
• Membangun jaringan dengan karyawan lainnya
• Memberikan informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan

Selain itu, proses On Boarding juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kolaborasi yang diperlukan untuk keberhasilan karyawan baru.

Baca Juga : Apa Itu Shipping Instruction? Simak Penjelasan Lengkapnya

Proses On Board harus konsisten dan komprehensif. Ini tidak hanya bertujuan untuk membantu karyawan baru beradaptasi dengan lingkungan kerja baru, tetapi juga untuk memastikan bahwa mereka memahami dan dapat menjalankan tugas-tugas mereka dengan benar. Proses ini juga penting untuk memastikan bahwa karyawan baru dapat membangun hubungan positif dengan anggota tim lainnya.

Baca juga  Daftar Alamat Cargo Medan yang Aman dan Terpecaya

Ketika semua proses ini selesai, karyawan baru akan lebih siap untuk memulai pekerjaannya, dan perusahaan dapat yakin bahwa mereka memiliki orang yang tepat untuk tugasnya. Dengan demikian, proses On Boarding adalah salah satu aspek penting dari budaya positif di perusahaan.

Kesimpulannya adalah On board artinya adalah sebuah pengenelan tim kepada organisasi atau perusahaan.

Bagikan artikel ini ke

Berjalan sendiri itu cukup melelahkan
Mulai bersama Oaktree!

Dapatkan potongan harga menarik dari kami!
Sales: 081268881603

Scroll to Top